[Review] Asus ROG Phone II, Smartphone Gaming dengan Spek Dewa di Dunia dengan Harga yang Friendly

;
Perkembangan smartphone yang ada di dunia semakin meningkat dan bervariasi karena smartphone saat ini sudah menjadi kebutuhan primer di kalangan masyarakat era modern saat ini. Berbagai ragam smartphone terus di produksi dengan inovasi-inovasi baru yang membuat smartphone tersebut semakin canggih dan unik, tak terkecuali dengan smartphone gaming yang semakin keren dengan performa yang baik untuk nge-game dan tampilan yang elegan dan kece, juga berbagai fitur tambahan yang membuat kelancaran dan kenyamananmu dalam bermain game meningkat. Omong-omong soal Smartphone Gaming... tau gak sih apa yang paling bagus dan Recomended buat kamu?? nah itu, sesuai judul blog kita saat ini "[Review] Asus ROG Phone II, Smartphone Gaming dengan Spek Dewa di Dunia dengan Harga yang Friendly" mangkanya sekarang kita bakal me-Review Smartphone yang keren abis, dan sangat recommend untuk kamu yang pengen punya smartphone gaming..
"Lah kelebihan nya apa ??".. duh santai dulu dong, dilihat dulu review dari kami dibawah ini.





Apa sih ROG Phone itu ??

ROG, merupakan akronim dari Republic of Gamer, nama ini pastinya sudah tak asing lagi terdengar oleh para gamer di belahan bumi ini. ROG juga salah satu merek gaming pertama didunia yang diperkenalan pada tahun 2006 dan merupakan bagian dari ASUS yang hanya berfokus dalam mengembangkan produk-produk gaming seperti motherboard, kartu grafis, PC, laptop, monitor, serta berbagai perangkat gaming lainya.

ROG Phone sendiri pertama kali diperkenalkan pada tahun 2018, ROG Phone hadir sebagai ponsel gamig pertama didunia, dan setahun kemudian diperkenalkan lah ROG Phone II sebagai generasi terbaru dari ASUS ROG Phone dengan performa yang lebih baik dan fitur yang lebih lengkap untuk menunjang kebutuhan gamer.




Desain yang Gaming Banget


ROG Phone II memiliki desain yang sangat baik untuk digunakan, dan dirancang khusus untuk bermain game,  memiliki tinggi 170.99mm, lebar 77.6mm, dan volume 129.77cm³, dengan ukuran tersebut tentunya  mampu "menampung" layar lebih lebar, sehingga main game di smartphone ini semakin asyik. , memiliki desain yang sangat keren dan kalem ketimbang seri ROG Phone yang pertama. Desain ROG Phone II juga telah dioptimalisasi untuk bermain game dalam orientasi landscape, untuk itulah ASUS mneyediakan Side-mounted Ports pada ROG Phone II yang memungkinkan gamer tetap mengisi daya smartphone ini melalui port USB Type-C yang berada di bagian samping bodinya. Side-mounted Ports juga membuat sesi bermain game lebih nyaman karena posisinya tidak mengganggu tangan saat bermain game.


ROG Phone II juga menggunakan kaca Gorilla Glass 6 di bagian belakangnyaditambah dengan logo "mata" ROG yang khas dan warna logo yang dapat di-konfigurasi saat digunakan untuk bermain game.

Selain itu, ROG Phone II juga memiliki kamera belakang 48MP dan kamera depan 13MP , dibagian sampingnya juga terdapat fitur touch sensitive yang bernama "AirTriggers II" pada sisi kanan bodi, yang berguna untuk memudahkanmu bermain game FPS seperti CODM dan PUBG Mobile,

Disisi yang sama, juga terdapat tombol power dan volume, di bagian bawahnya terdapat port audio jack 3,5mm, dan disampingnya terdapat port USB type-C yang digunakan untuk transfer data atau pengisian baterai. Kalian juga akan menemukan port USB type-C tambahan dan konektor untuk dipasangkan dengan aksesoris tambahan.

Port bagian bawah ROG Phone II, beserta port audio jack 3,5mm

Port samping / Side-mounted Ports yang terdapat pada ROG Phone II




Performa yang Terbaik



ROG Phone II adalah smartphone gaming, yang pastinya peformanya juga kencang dong, smartphone pertama didunia yang ditenagai oleh prosesor Snapdragon 855+ milik Qualcomm, SoC paling kencang dengan CPU dan GPU yang lebih kencang, berdasarkan spesifikasi itu, ROG Phone II memang smartphone paling cepat di pasaran saat ini. Dalam hal main game di ROG Phone II, smartphone ini memang dapat diandalkan dan sangat menakjubkan.


Tidak hanya itu saja, ROG Phone II juga dibekali dengan RAM DDR4X berkapasitas 8GB hingga 12GB yang menjamin performa multitasking-nya. Sementara itu, penyimpanannya menggunakan UFS 3.0 berkapasitas 128GB hingga 512GB. Kombinasi keduanya juga memungkinkan ROG Phone II untuk dapat menampung banyak game, menjalankan berbagai game sekaligus, namun tetap menghadirkan performa yang kencang.





Layar AMOLED dengan Refresh Rate 120Hz


ROG Phone II sendiri adalah yang pertama menghadirkan Layar AMOLED Full HD+ beresolusi 2340 x 1080 piksel dalam rasio 19.5:9, dengan refresh rate 120Hz/1ms. " memang apa spesialnya??" ya, dengan fresh rate yang setinggi itu , maka semakin banyak frame yang ditampilkan dan memungkinkan mu untuk berpindah dari aplikasi 1 ke yang lain dengan mulus, tampilan visual dan pergerakan animasi pun akan terlihat lebih smooth.

ROG Phone II juga memiliki layar yang mempunyai respon yang cepat, dengan touch sampling rate 240Hz, dukungan pipeline khusus untuk sistem layar sentuhnya, serta optimalisasi khusus pada framework Android, membuat layar ROG Phone II memiliki waktu respon hanya 49ms di refresh rate 120Hz, dengan response time yang rendah, tentunya akan mengurangi fenomena input lag dan tentu saja akan membuat gamer memiliki respon yang lebih baik di dalam game yang dimainkan dan dapat meningkatkan peluang untuk menang.


ROG Phone II  juga memiliki layar dengan warna yang sangat akurat, dengan tingkat reproduksi warna pada color space DCIP-3 sebesar 100%, memiliki deviansi warna atau Delta E<1 dan mendukung tampilan 10-bit HDR. Artinya, konten di dalam game akan ditampilkan sesuai dengan apa yang developer game ingin hadirkan.






Batrai yang terbaik, dengan energi yang tahan lama


ROG Phone II adalah smartphone pertama yang memiliki kapasitas batrai yang sangat besar yaitu 6000mAh, berkat kapasitas yang sebesar itu, ROG Phone mampu dipakai seharian hanya untuk bermain game. 

selain batrai yang memiliki kapasitas besar, ROG Phone II juga memiliki teknologi HyperCharge yang mampu mengisi 4.000mAh hanya dalam waktu 58 menit menggunakan charger khusus berdaya 30W. Ditambah dengan fitur PD Charging yang membuat ROG Phone II mampu membagikan daya nya, atau lebih leluasa untuk mengisi daya dengan USB Type-C apapun.


Kamera yang gak kalah bagus


ROG Phone II adalah smartphone gaming, namun tidak menutup-kemungkinan bahwa ASUS tetap membekali ROG Phone II dengan kamera yang berkualitas tinggi, dilengkapi dengan sensor Sony flagship IMX586 beresolusi 48MP serta sensor dengan lensa ultrawide beresolusi 13MP, dengan lensa ultrawide 11mm yang menyuguhkan bidang pandang 125 derajat.

Sementara kamera depannya menggunakan sensor 24MP yang telah dilengkapi dengan LED Flash yang posisi nya disesuaikan agar pas untuk digunakan saat Live Streaming, jadi tidak diperlukan lagi kamera eksternal untuk melakukan Live Streaming dengan kualitas perekam yang tinggi.

Kamera nya pun juga dilengkapi dengan Teknologi HDR+ yang memungkinkan pengambilan gambar dengan kualitas tinggi pada saat kondisi minim cahaya, dan fitur lainnya yang bisa merekam video 1080p hingga 60 fps. Sementara, kamera belakangnya mampu merekam video 4K hingga 60 fps dan slow-mo 1080p hingga 120 fps atau 240 fps.


AirTrigger II


Fitur lainya yang terdapat di ROG Phone II yang ga kalah keren yaitu AirTrigger II, versi yang lebih disempurnakan dari AirTrigger yang terdapat di seri ROG Phone sebelumnya. Versi ini menggunakan teknologi kontrol sentuh ultrasonic yang lebih presisi, dan ditingkatkan dengan arsitektur canggih untuk mengurangi latensi getaranya hingga 20ms, dan dengan respon yang lebih cepat serta dilengkapi dengan gesture tambahan. Fitur ini juga menggunakan teknologi Haptic yang memberikan sensasi seperti menggunakan kontrol sungguhan layaknya kontroler pada console. Kalian dapat memanfaatkan AirTrigger II agar kompatibel dengan semua game yang ada di Android yang dapat diatur langsung melalui GameGenie.



Armoury Crate

Armoury Crate; Games Lobby

Armoury Crate adalah salah satu fitur yang disediakan oleh ASUS didalam ROG Phone, yang berfungsi untuk mengelola dan pengaturan terkait gaming.


Armoury Crate memiliki 2 menu, yang pertama yaitu Game Library, fungsinya ialah menampilkan kumpulan Game yang  telah diinstall dan akan muncul profil tiap-tiap game dan bisa disesuaikan lebih jauh.


Armoury Crate; Console

Sedangkan menu kedua yaitu Console, yang berfungsi untuk menampilkan pusat kendali ROG Phone II yang menampilkan informasi sistem seperti CPU, GPU, memory used, storage used, dan remaining time, di menu ini juga terdapat opsi untuk mengaktifkan dan menonaktifkan X mode, pengaturan terkait fitur GameGenie, AirTriggers, fan speed untuk aksesoris kipas AeroActive Cooler II, Aura RGB, dll



GameGenie

GameGenie

Masih bagian dari
Armoury Crate, GameGenie adalah fitur eksklusif yang ada di ROG Phone, memungkinkan para penggunanya untuk memantau performa, memanfaatkan fitur macro, melakukan perekaman hingga melakukan live streaming dengan resolusi 1080p, bahkan bisa live streaming ke channel YouTube atau Twitch hingga resolusi 1080p, dan lain-lainya. Gila.. keren gak tuh ??



X Mode

Fitur satu ini yang terdapat di ROG Phone II sangatlah berguna, karena mode ini sangat didedikasikan untuk bermain game. Ketika mode ini Aktif, ROG Phone II akan menghapus aplikasi latar belakang, melepaskan beban Memory, dan hanya berfokus pada game yang sedang berjalan, sehingga dapat mengoptimalkan pengalaman bermain game kalian dengan sempurna. Fitur ini terletak di Armoury Crate dan Quick Setting.



Audio dan Microphone yang Sejernih Kristal

Audio

ROG Phone II
juga dillengkapi dengan sistem audio terbaik di kelasnya dengan Dual Front Facing 
Speaker yang mendukung teknologi Dual NXP, APT-X, mesin audio 24-bit/192KHz dengan dukungan Hi-Res Audio, jack headphone 3,5mm, DTS:X Ultra untuk kualitas suara sekelas teater hingga Outdoor Mode. Dengan sistem audio yang sebagus itu, tentunya  bermain game akan terasa nyaman berkat audio yang sangat berkualitas.



Microphone

Untuk berkomunikasi, ROG Phone II juga dilengkapi dengan susunan quad-mic peredam bising, sehingga komunikasi pun tidak terganggu dengan adanya suara-suara bising dari luar, dan hal itu dapat meningkatkan kerjasama tim dan  peluang menang dalam bermain game.




Dual Surrounding Vibration

Dual Surrounding Vibration

ROG Phone II juga memiliki fitur yang bernama "Dual Surrounding Vibration" yang fungsinya untuk menimbulkan efek getar 3D di smartphone saat bermain game dengan kondisi tertentu, hal itu tentunya memberikan sensasi dalam bermain game lebih terasa asik dan menyenangkan.



Penerimaan Wi-Fi yang Optimal


ROG Phone II menggunakan sistem multi-antenna Wi-Fi yang berguna untuk meminimalkan lag dan memastikan konektivitas tetap terjaga dengan baik. Keempat antena terletak secara optimal untuk memberikan throughput Wi-Fi secara maksimum ketika bermain game dengan posisi lanskap, sehingga tidak tertutup tangan saat bermain game. Hal tersebut memungkinkan bisa menerima sinyal dengan baik dan tidak akan membuat sesi bermain game menjadi terganggu. Dan untuk memastikanya, GameGennie mencegah smartphone beralih antara Wi-Fi dan 4G saat bermain game.







Sistem Pendingin yang Canggih


ROG Phone II adalah satu-satunya yang memiliki sistem pendingin yang terdiri dari 4 level. Agar pendingin berjalan dengan optimal, ROG Phone II juga menggunakan teknologi 3D Vapor Chamber yang terhubung dengan heatsink yang menjalar hingga ke bagian ventilasi di belakang bodi. Ventilasi tersebut membuat panas yang dihasilkan dari setiap komponen di ROG Phone II dapat dilepaskan dengan sangat baik dan tidak terperangkap di dalam bodi smartphone gaming ini, sehingga lebih menghasilkan dingin yang cukup baik.


Aksesoris yang Keren


ROG Phone II bukanlah smartphone gaming biasa, melainkan sebuah mesin gaming dalam bentuk smartphone. Oleh karena itu, ROG Phone II juga memiliki sederet aksesoris gaming yang keren dan dapat membuat pengalaman bermain game menjadi lebih baik. Aksesoris tersebut dihubungkan melalui

Side-mounted Port dan hanya bisa digunakan di ROG Phone II, berikut adalah aksesorisnya.



1. TwinView Dock II

TwinView Dork

Aksesoris ini berupa layar tambahan untuk ROG Phone II. Di beberapa game yang telah mendukung aksesoris ini, kalian dapat melihat antarmuka khusus yang tidak tersedia di smartphone lainya. Aksesoris ini juga memiliki bobot yang ringan dan lebih seimbang, dan terdapat sistem pendingin didalamnya. Aksesoris ini juga dapat berperan sebagai powerbank yang dilengkapi baterai

internal 5.000 mAh.


2. Kunai Gamepad

Kunai Gamepad

Aksesoris ini merupakan Kontrol Fisik yang disediakan oleh ASUS untuk menjadi bagian dari ROG Phone II layaknya Game Console. Terdiri dari 3 komponen, yaitu ROG Kunai Bumpers, ROG Kunai Controllers, dan ROG Kunai Holder. Aksesoris ini sangat cocok untuk gamer yang gemar bermain game action, fighting, atau RPG.



3. Mobile Desktop Dock

Mobile Dekstop Dock

Mobile Desktop Dock, adalah aksesoris yang memungkinkan ROG Phone II terhubung ke monitor atau televisi. Dengan begitu, tentu saja layar yang ditampilkan lebih besar dan layar yang ditampilkan tentu dengan resolusi yang tinggi juga. Tidak hanya itu saja, Aksesoris ini juga memungkinkan untuk menggunakan mouse serta keyboard untuk bermain game.





Port-port yang terdapat pada aksesoris Mobile Desktop Dock



4. AeroActive Cooler  II

AeroActive Coller II

Aksesoris berupa kipas pendingin Eksternal yang dapat dipasangkan ke ROG Phone II yang telah dirancang untuk mengarahkan aliran udara secara lebih efektif ke sistem Aerodinamika untuk pendingin yang lebih baik, membuat ROG Phone II semakin dingin dan performanya dipastikan tidak mengalami throttling akibat suhu yang terlalu panas. Jadi, tidak perlu khawatir lagi kalau ROG Phone II nya terasa panas.



5. ROG Lighting Armor Case & Aero Case

ROG Lightning Armor Caase

ROG Phone II dilindungi oleh 2 jenis Case, yaitu ROG Lightning Armor Case & Aero CaseROG Lightning Armor Case tidak hanya sekedar pelindung biasa, case ini juga dilengkapi dengan pencahayaan Aura di badan case, sehingga tampilanya pun akan lebih keren jika digunakan.



Aero Case

Sedangkan Aero Case yang didesain dengan bentuk kerangka yang keren untuk melindungi ROG Phone dari benturan dan goresan juga mempermudahkan pembuangan panas pada ROG Phone II pada saat case digunakan, dan tidak mempersulit penggunaan aksesoris lainya seperti AeroActive Cooler dan Twin Dock View.




Harga


ROG Phone II dengan spesifikasi dan fiturnya yang bukan kaleng-kaleng, memiliki harga yang cukup murah loh untuk smartphone sekelasnya, yaitu dengan varian 8GB ram+128GB penyimpanan  yang dibanderol seharga Rp8.499.000,varian 12GB ram+512GB penyimpanan yang dibanderol seharga Rp12.499.000, dan 
Hardcore ROG Fans Package dengan varian 12GB ram+512GB penyimpanan, beserta aksesoris lengkapnya yang dibanderol seharga 20 jutaan.


Untuk varian 8GB ram+128GB penyimpanan sayangnya hanya menyediakan charger standar yang tidak support HyperCharge 30W. Sedangkan untuk varian 12GB ram+512GB penyimpanan yang seharga 12 juta hanya menyediakan aksesoris berupa AeroActive Cooler II, dan untuk mendapatkan paket lengkap sekaligus, ya dengan cara membeli Hardcore ROG Fans Package yang menyediakan aksesoris nya dengan lengkap, dan semua dikemas didalam koper ROG yang sangat keren.


Namun jangan khawatir jika yang disediakan didalam kemasan setiap varian berbeda-beda, karena ASUS menjual aksesoris-aksesoris ROG Phone II terebut secara terpisah untuk dapat kamu miliki dan nikmati, terlebih lagi yang memiliki ROG Phone II varian 8/128, sangat disarankan untuk membeli charger khusus ROG Phone II yang memiliki fitur HyperCharge 30W agar cepat mengisi daya batrai dibandingkan dengan charger biasa yang memakan waktu lebih lama karena mengisi daya batrai yang berkapasitas monster, tentunya akan lama sekali jika menunggu batrai penuh atau sudah cukup untuk bisa digunakan lagi.


Kesimpulan

Jadi menurut saya, smartphone ROG Phone II ini sangat saya rekomendasikan, karena dengan desainya Gaming banget, Performa nya juga kencang, Aksesorisnya yang Eksklusif, berkualitas, dan fitur-fitur yang ga kalah menariknya, ditambah dengan harga yang cocok dan terbilang murah di kelasnya membuatmu ga bakal menyesal jika memiliki smartphone satu ini.

Dengan smarthphone ROG Phone II yang sekeren itu, siapa sih yang ga mau memiliknya??



beberapa skor yang didapat oleh ROG Phone II


Di AnTutu, ROG Phone II mencatatkan skor 480ribuan, angka terebut sangatlah tinggi karena berada diastas rata-rata smartphone lainya, dan dengan bukti ini ROG Phone II sudah pasti bisa sangat diandalkan.




hasil test PCMark yang mendapatkan hasil 21 jam 2 menit untuk baterry lifenya. Hal tersrbut sudah sangat membuktikan bahwa ROG Phone II memiliki batrai berkapasitas raksasa yang mampu dipakai seharian.





Mungkin, hanya itu yang bisa saya sampaikan dalam review pertama ini, jika ada kesalahan dalam penyesuaian gambar, pengetikan ataupun ejaan mohon dimaklumi, saya hanya penulis amatiran dan masih butuh banyak pemebelajaran. Saran dan Kritik akan saya tampung dengan baik.
Sekian Terima Kasih, wassalam.

#ASUSROGID #ASUSROGPhoneII #SmartphoneGamingPalingKeren

Post a Comment

1 Comments

Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)